Pipa Buatan China Dilawan, Ini Kelebihannya Dibanding Produk Lokal

  • Date : December 16, 2021

Bisnis.com, JAKARTA — Pipa untuk kebutuhan minyak dan gas bumi buatan dalam negeri diakui masih kalah bersaing dengan kehadiran pipa dari China yang lebih murah. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Energi, Minyak dan Gas Bobby Gafur Umar mengatakan bahwa sebenarnya pemerintah telah mewajibkan kepada kementerian/lembaga, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), dan swasta untuk menggunakan produk dalam negeri. Namun, kata Bobby, pipa asal China yang lebih murah menjadikan daya saing pipa buatan dalam negeri menjadi melemah. Padahal, pemerintah telah mematok tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang digunakan harus sebesar 25 persen.

"Industri dalam negeri diwajibkan untuk gunakan produk dalam negeri. Sampai Pak Luhut [Menko Marves Luhut B. Pandjaitan] bilang ada pejabat ganti karena presiden tidak berkenan karena Pertamina masih ada yang belum bsa maksimalkan pemakaian produk dalam negeri," ungkapnya webinar Membedah Peluang Bisnis 70 Triliun di Sektor Hulu Migas, Rabu (10/3/2021).

Menurut Bobby, produk pipa China bisa menjadi lebih murah pada saat masuk ke Indonesia karena di negaranya diberikan kredit ekspor yang sangat murah. Kebijakan pajak yang ketat untuk hilirisasi produk membuat produk China bisa lebih murah. Menurutnya, pajak untuk industri di dalam negeri masih belum ramah karena terlalu banyaknya pungutan pajak untuk para pelaku industri yang menyebabkan depresiasi dan investasi lama untuk balik modal.

"Pipa jadi sama bahan baku Krakatau Steel itu tidak beda jauh harganya, begitu las jadi pipa sudah tambah 20 persen—25 persen ongkos pipa kita jadi lebih mahal," jelasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, saat membuka Raker Kementerian Perdagangan di Istana Negara, Kamis (4/3/2021), Presiden Joko Widodo meminta optimalisasi TKDN pada produk-produk yang dipasarkan di Tanah Air.  Menurut dia, peningkatan penggunaan produk dalam negeri harus memberikan kemanfaatan bagi semua pihak, terutama usaha kecil menengah dan konsumen rumah tangga, tidak hanya menambah impor. “Perdagangan kita harus meningkatkan TKDN. Ini selalu saya ulang komponen dalam negeri, komponen dalam negeri, komponen dalam negeri. Produk dalam negeri, produk dalam negeri, produk dalam negeri,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Pipa Buatan China Dilawan, Ini Kelebihannya Dibanding Produk Lokal", Klik selengkapnya di sini: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210311/257/1366391/pipa-buatan-china-dilawan-ini-kelebihannya-dibanding-produk-lokal.
Author: Muhammad Ridwan
Editor : Zufrizal

PT. SURYA UTAMA METALINDO - Kami adalah perusahaan perdagangan swasta yang berdiri pada tahun 2019, kami bekerja dalam menyediakan barang dan jasa, kami hadir untuk membantu para kontraktor, terutama dalam mempersiapkan kebutuhan project.

Pada saat ini kami semakin berkembang dalam kualitas dan kompetensi serta menguasai sumber dan jaringan distribusi lokal dan daerah, kami juga bekerja sama dengan perusahaan logistik dalam negeri, untuk mendistribusikan segala jenis material konstruksi dan kebutuhan bagi industri ke berbagai kota di Indonesia

Kami menyediakan berbagai macam material bagi kebutuhan industri, konstruksi dan bangunan, seperti diantaranya :
Pipa Stainless Seamless - Pipa Stainless Welded - Pipa Hitam Seamless - Pipa Hitam Welded - Pipa Medium Galvanis - Pipa Seamless Galvanis - Plat Baja - Plat Grating - Baja Hbeam - Baja Saluran U - Baja Saluran C - Batang Baja - Wiremesh - Kawat Berduri - Pagar - Pengeluaran Logam - Mur dan Baut - Kelengkapan - Flensa - Tee - Siku - Reducer - Overchocks - Nepel - dan lainnya

Copyright 2023 Surya Utama Metalindo All Rights Reserved.